'Jolla' Ponsel Pintar Besutan Mantan Karyawan Nokia


SeeSaw - Seperti dilansir oleh BBC, ponsel pintar Jolla ini dihargai sekitar 399 euro atau setara 5.5 juta rupiah. Pada penjualan perdananya, Jolla tersedia sekitar 450 unit yang dipasarkan di Helsinki, Finlandia. Jolla sendiri adalah besutan mantan karyawan Nokia yang tergabung dalam sebuah perusahaan. Ponsel perdana ini pertama kali di jual di Finlandia dan akan bersaing dengan Android.

Jolla menggunakan sistem operasi baru yang diberi nama Sailfish. OS ini modifikasi dari Meego, sistem operasi yang pernah digunakan Nokia dan lebih memilih OS garapan Microsoft, Windows Phone. Para kreator Jolla yakin bahwa Meego punya potensi besar sehingga mereka mendirikan Jolla.  OS Sailfish yang berbasis open source ini dirancang dapat menjalankan banyak aplikasi Android. Diharapkan banyak pengembang akan berdatang membuat aplikasi untuk OS baru ini. 


Ponsel Jolla dilengkapi prosesor dual core 1,4 GHz Qualcomm, RAM 1GB, memori internal 16GB, slot microSD, kamera 8 megapixel serta punya layar 4,5 inch resolusi 960 x 540 pixel.

0 comments: