Tips Hindari Hacker


SeeSaw - Sistem keamanan di dunia cyber tidak bisa disepelekan begitu saja. Karena efeknya sangat besar bagi perorangan maupun organisaasi yang bersangkutang jika sistem keamanan mereka dapat dimasuki orang lain. Karena informasi dan data yang dimiliki bernilai sangat besar jika sampai diketahui orang yang tidak bertanggung jawab. Belakangan ini kasus peretasan sangat marak di berbagai tempat, sangat diperlukan adanya peningkatan sistem keamanan. Menurut Onno W. Purbo agar kita tidak terkena serangan dari Hacker, berikut tipsnya :

Tutup Semua Lubang
Disarankan pemilik situs menutup semua lubang security di situs, jika perlu tulis ulang source code PHP. Hal ini dilakukan agar tidak ada kesalahan dalam menulis kode.

Peningkatkan SDM
Pemilik situs untuk memberikan edukasi khusus kepada tenaga IT-nya. Dengan membuat buku panduan prosedur standar keamanan jaringan, dan teknik keamanan jaringan.

Evaluasi Sistem Keamanan Berkala
Pemilik situs mengetes sistem keamanan jaringannya sendiri. Bisa menggunakan fasilitas yang tersedia di sistem operasi, seperti backtrack atau meminta tim sektoral untuk menjebol situs dengan tujuan mencari kekurangan pada sistem jaringannya.

Buat Tim Pengamanan Pertama
Tim yang mengawasi berbagai aktivitas untuk memantau aktivitas penyerangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Tim ini berfungsi melacak jejak hacker yang tak bertanggung jawab. Disarankan untuk membuat Computer Emergency Responds Team secara nasional ataupun sektoral untuk koordinasi.


0 comments: